Tips membeli sepeda untuk pemula

dicopy dari: http://rembrandt-cycling.blogspot.com/2008/01/tips-membeli-sepeda-untuk-pemula.html

Untuk level pemula ada beragam sepeda. Harganya pun bervariasi sekitar Rp1.000.000 – Rp3.000.000. Tentu saja anda dapat menemukan sepeda yg lebih murah akan tetapi kata “lebih murah” ini anda harus perhatikan, apakah berkualitas rendah? Ada ratusan sepeda gunung dgn harga yang lebih dari Rp 3.000.000, sepeda-sepeda gunung ini mungkin akan melebihi apa yang anda butuhkan kecuali bila anda benar2 menyukai olah raga ini.Tentukan Apa Yang Anda Butuhkan
Hal pertama yang harus anda perhatikan sebelum berbelanja adalah sepeda gunung apa yang anda butuhkan. Apakah anda berencana untuk bersepeda untuk medan offroad secara eksklusif? Apakah untuk berkomunitas ke kantor atau ke sekolah? Atau campuran untuk kedua-duanya? Dan hal penting juga, seberapa sering anda akan mengendarainya. Kalau anda mencari sepeda gunung untuk pemakaian offroad, tetapi belum pernah mengendarainya di offroad, cobalah meminjam dahulu sepeda teman anda dan menanyakan medan offroad mana yang sesuai dengan pemula seperti anda. Bersepeda di medan offroad sangat berbeda dgn bersepeda di jalan. Selanjutnya, perbanyak baca majalah sepeda gunung, browsing di internet atau bergabung dgn forum komunitas sepeda. Membaca adalah awal yang sangat baik.

Seberapa Besar Uang Yang Anda Ingin Belanjakan
Memutuskan seberapa besar uang yang anda ingin keluarkan adalah keputusan yang sulit. Sebagai peraturan umum, semakin besar uang yang anda ingin belanjakan maka semakin baik sepeda yang anda akan dapatkan. Perbedaan yang menyolok antara sepeda gunung seharga Rp.1000.000 dengan yang Rp.3000.000 adalah komponen-komponennya (misalnya shifter, derailleur, rem). Semakin mahal semakin bagus daya tahannya (kecuali bila anda memulai membeli komponen high end yang biasanya sangat ringan sehingga akan mengurangi daya tahannya). Kebanyakan pemula membeli sepeda dari yang low end dahulu, nantinya akan meng-upgrade komponen-komponen yang diperlukan. Ada juga pemikiran yang lain yaitu membeli sepeda dengan komponen yang terbaik yang anda mampu, dengan alasan akan lebih hemat daripada meng-upgrade-nya kemudian hari.

Dealer Yang Baik Mencerminkan Sepeda Yang Bagus
Ketika anda mengunjungi toko, hal yang penting adalah mencari yang penjualnya mengerti tentang sepeda dan Anda berasa nyaman ketika berbicara dengannya. Tanyakan kepadanya kalau ada kata-kata yang kurang mengerti. Coba kasih pertanyaan ke mereka yang anda sudah ketahui jawabannya dan tunggu jawabannya. Jika jawabannya tidak memuaskan, coba cari orang lain untuk membantu anda. Tanyakan juga sepeda apa yang dia pakai. Jika orang yang ditanya tidak memakai sepeda gunung, anda sebaiknya mencari yang lain. Penjual yang baik akan mendengarkan apa saja yang anda butuhkan dan membantu mencarikan sepeda yang cocok untuk anda. Kunjungi ke beberapa toko sepeda. Tiap toko memiliki pilihan yang berbeda dan model sepeda-sepedanya. Kualitas toko juga merupakan hal penting. Di toko anda membeli harus bertanggung jawab atas segala rakitannya. Rakitan yang buruk akan membuat tidak nyaman di saat mengendarainya. Pastikan anda berasa nyaman dengan kecakapan dari para staff nya. Anda menginginkan toko yang nyaman untuk membawa sepeda anda untuk di service di kemudian hari.

Sepeda Yang Tepat
Cobalah kendarai beberapa macam sepeda dari yang low end dari budget anda dan yang high end. Rasakan perbedaannya. Coba juga dengan perbedaan komponen-komponennya untuk mencari yang terbaik yang anda rasakan. Toko yang besar memiliki beberapa pilihan dan memiliki ukuran yang cocok untuk di coba. Ketika anda mencobanya di tanah cukup lapang, cobalah juga di rumput, aspal dan tanah. Rasakan perasaan yang nyaman ketika mencobanya. Biasanya dealer sepeda mengijinkan anda mencoba sepedanya sekitar 5-10 menit.Hal yang penting ketika anda mencoba dan membeli sepeda adalah ukuran yang tepat untuk anda. Untuk sepeda gunung, sekurang-kurangnnya 2 inchi dari top tube ketika anda berdiri ditengah-tengahnya. Anda pastikan juga jarak ketinggian tempat duduknya. Kaki anda harus hampir lurus ketika duduk dan kaki anda di pedal pada titik yang paling rendah. Ada dua cara untuk mengukur ukuran batangan sepeda. Satu, dari tengah bottom bracket ke tengah seat tube. Dua, dari tengah-tengah bottom bracket ke tengah top tube. Patokan size sepeda sangat bermacam-macam dari pabriknya. Jadi cobalah dahulu dan cari yang mana yang tepat dengan ukuran anda.Cobalah kendarai di tanah lapang yang memiliki aspal, rumput, tanah dll. Kalau anda pikir sudah menemukan sepeda yang cocok dengan anda, cobalah beberapa kali lagi. Pastikan kendarai dengan rasa nyaman, pengoperan gigi-giginya yang sudah tepat dan rem yang pakem.

One response to this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: